Berkembangnya teknologi dan informasi ternyata memberi banyak kemudahan pada aktivitas sehari-hari kita. Apalagi saat ini semua kegiatan cenderung berbasis daring atau online. Banyaknya kebutuhan mendesak memerlukan biaya tambahan yang cukup besar juga. Salah satu cara untuk memenuhinya adalah dengan tetap melakukan investasi meskipun ketika berada ditengah pandemi seperti ini.

Eits, jangan khawatir karena bagi kamu yang ingin berinvestasi tapi tetap syariah dan bisa daring atau online, Ini dia beberapa pilihan instrumen investasi syariah online yang bisa kamu gunakan :

Emas Online

Saat ini sudah menjadi tren bagi kaum milenials yaitu dengan melakukan investasi dalam bentuk emas lho. Tingginya peminat investasi jenis ini membuat banyak perusahaan starup yang menyediakan platform untuk jual beli emas secara online. instrumen ini sangat diminati karena menawarkan beberapa keuntungan seperti minimnya resiko, lebih likuid atau mudah dicairkan kedalam bentuk uang tunai, dan juga bisa menjadi jaminan jika suatu saat kamu ingin melakukan transaksi pinjam meminjam.

Deposito Syariah

Instrumen ini merupakan produk bank syariah dimana kamu akan menyimpan sejumlah uang di bank dan tidak bisa diambil dalam waktu beberapa bulan, biasanya sih sekitar 1-36 bulan tergantung preferensi yang kamu pakai. Bagi bank yang sudah memiliki layanan internet banking atau mobile banking, akan ada opsi untuk membuat deposito jadi gausah datang ke bank untuk membuat rekening deposito syariah lho. Intrumen ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang menghindari resiko investasi karena deposito syariah memiliki resiko yang cenderung kecil.

Saham Syariah

Mirip dengan saham biasa sih, tapi bedanya saham syariah ini sesuai dan memenuhi ketentuan Al-Quran dan Sunnah. Kalau menurut pengertian OJK, saham syariah ini adalah saham dimana kamu memiliki hak yaitu bagi hasil yang sesuai dengan prinsip syariah. Berbeda dengan deposito syariah, kalau di saham syariah ini kamu memiliki resiko yang besar loh. Tapi tenang aja karena jika kamu memilih saham syariah, kamu bisa dapat 2 jenis keuntungan yaitu dari deviden atau dari capital gain nanti. Ya namanya juga high risk high return dong.

Reksadana Syariah

Sama seperti reksadana pada umumnya hanya saja reksadana syariah ini adalah penyertaan modal yang dikelola sama manajer investasi lalu disalurkan ke perusahaan tapi tetap sesuai dengan prinsip syariah dong. Mirip dengan sistem deposito syariah, kamu tidak perlu datang menemui manajer investasi secara langsung dan bisa update informasi yang lebih cepat karena saat ini mereka sudah menyediakan platform online lho. Reksadana syariah ini sangat cocok untuk kamu yang baru memulai investasi karena tidak membutuhkan modal yang besar juga.

P2P Lending Syariah

Nah kalau instrumen yang satu ini cocok banget buat kamu yang lagi membutuhkan biaya atau modal. P2P lending akan mempertemukan pihak yang butuh modal dengan pihak yang bersedia untuk membiayainya atau  investor. Gak rumit kok! Kamu akan mendapatkan berbagai jenis kemudahan yang ditawarkan dan jangan takut bagi kamu yang akan menjadi investor karena instrumen yang satu ini akan memberikan pengawasan yang ketat sehingga transaksinya akan menjadi lancar deh.

Sukuk Tabungan atau Obligasi Syariah  

Instrumen yang satu ini dapat memberikanmu kemudahan dalam mengakses setiap transaksi kamu melalui sistem elektronik atau online. selain itu, investasi jenis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Kamu juga tidak perlu khawatir akan keamanan resiko kerugian karena sukuk tabungsn memiliki jaminan yang tinggi oleh negara. Eits, tidak hanya itu,  keuntungan yang ditawarkan juga sangat menarik lho!

Oleh : Andira Falestiya | Content Creator TRENKOTA.COM