Jangan Khawatir, Virus Corona Ternyata Tidak Menular Melalui Hewan Peliharaan dan Lalat Lho!

Saat pertama kali isu virus Corona mencuat di akhir tahun 2019, banyak yang menduga bahwa penyakit ini datang dari hewan yang hidup dan dikonsumsi manusia, seperti kelelawar. Akibatnya, banyak pasar yang menjual hewan tersebut terpaksa tutup, hiks!

Seiring berjalannya waktu, para tenaga kesehatan, badan pemerintahan, serta para peneliti mulai mempelajari tentang virus Corona dan penyakit Covid-19 ini dengan lebih intens. Beberapa hasil riset tentang wabah ini, yaitu:

Virus Corona Tidak Airborne Kok!

Virus Corona tidak bersifat airborne atau dapat hidup di udara. Meski begitu, tetap harus waspada karena ada partikel berukuran sangat kecil di dalam droplet yang menjadi media penyebaran virus yang mampu melayang di udara selama beberapa waktu, lho!

Sabun vs Hand Sanitizer

Ternyata, sabun cuci tangan terbukti paling baik digunakan dalam mencegah penyebaran virus Corona dibandingkan dengan hand sanitizer. Tapi, tidak apa-apa kok sebagai bentuk kewaspadaan tetap menggunakan cairan pencuci tangan apabila kesulitan mengakses air mengalir dan sabun cuci tangan.

Media Penularan Covid-19 dari Droplet Lho!

Sangat disarankan untuk menggunakan masker dan melakukan physical distancing demi menjaga diri dari penularan. Kamu harus selalu ingat nih kalau droplet yang menjadi media penularan Covid-19 ini bisa tersebar dari mana saja, termasuk juga dari air liur ketika kita sedang berhadapan dengan lawan bicara, lho! Harus tetap waspada dengan jarak, ya!

Hindari Sentuh Wajah

Lebih lanjut, akun WHO juga mengingatkan untuk tidak menyentuh bagian wajah apabila tangan kita kotor (setelah menyentuh suatu permukaan tertentu yang dimungkinkan menjadi media penularan Covid-19). Maka dari itu, jangan lupa untuk rajin cuci tangan ya!

Hewan Peliharaan Tidak Menularkan Covid-19

Nah, selain ketiga hasil riset tersebut, baru-baru ini para pakar kesehatan dan dokter hewan menyatakan bahwa ada perbedaan virus Corona yang terdapat di manusia dan hewan, sehingga kita tidak perlu khawatir tertular dari hewan peliharaan, lho!

Selain itu, pada tanggal 7 April 2020, akun Twitter resmi World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa sejauh ini belum ada penelitian atau bukti yang cukup untuk menunjukkan bahwa Covid-19 bisa ditularkan oleh lalat.

Yuk, kita sama-sama ikuti anjuran supaya tidak tertular virus Corona agar selalu aman dan sehat. Jangan lupa untuk terus menjaga ketenangan pikiran dari berita-berita negatif yang beredar di media sosial ya!

Oleh : Idznila Shabrina | Content Creator TRENKOTA.COM

Published by

TRENKOTA

bring trends to the city

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.