Tips Agar Tetap Aman Menggunakan Aplikasi Zoom

Pandemi covid-19 yang mengharuskan semua aktivitas dilakukan #dirumahaja membuat beberapa platform kini booming digunakan sebagai media komunikasi daring. Salah satunya adalah Zoom. Zoom adalah sebuah platform yang digunakan untuk layanan video conference terutama bagi kamu yang saat ini harus #dirumahaja. Namun, akhir-akhir ini Zoom menghebohkan penggunanya dengan kehadiran para hackers lho. Meskipun begitu, kini kamu bisa tetap aman menggunakan Zoom dengan beberapa tips berikut :

Pake Antivirus Yang Paling Update

Agar aman dari hackers, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memastikan bahwa operating system pada perangkatmu telah aman dari antivirus dan malware. Nah, jangan lupa untuk mengecek selalu dan memastikan bahwa kamu sudah menggunakan antivirus terupdate ya! Kamu bisa menggunakan Norton, Bitdefender, McAfee, Bulguard, dan jenis antivirus lainnya untuk melindungi perangkatmu.

Unduh Aplikasi Zoom Versi Terbaru

Ternyata pada 27 April 2020 kemarin, Zoom baru aja merilis versi 5.0 yang merupakan versi terbarunya lho. Versi ini sudah dilengkapi dengan standar baru dalam keamanan komunikasi video. Tidak hanya itu, mulai 30 Mei 2020 Zoom akan mengaktifkan enkripsi GCM dan akan memberikan peningkatan keamanan untuk data rapat. Pastikan bahwa kamu selalu menggunakan Zoom versi terbaru ya karena bagi kamu yang tidak melakukan update nantinya gabisa ikut video conference by Zoom lho.

Gunakan SSO Dari Lembaga Yang Terverifikasi

Ada yang belum paham soal SSO? Jadi, SSO sendiri adalah Single-Sign-On dimana teknologi ini mengizinkan setiap pengguna jaringannya untuk dapat mengakses dan menggunakan jaringan tersebut hanya dengan menggunakan satu akun pengguna aja. Kalau kamu adalah seorang pelajar, pastikan kamu login ke Zoom menggunakan SSO sekolah atau universitasmu ya. Sedangkan bagi kamu yang sudah bekerja, kamu juga harus memastikan telah login ke Zoom menggunakan SSO instansi atau tempat kamu bekerja ya!

Bagi Kamu Para Host Meeting

Pastikan bahwa kamu selalu login menggunakan SSO yang sesuai dan buatlah daftar peserta meeting. Aturlah meeting room dengan menggunakan generate ID dan password. Setelah itu, pastikan bahwa kamu hanya membagikan ID dan password pada peserta meetingmu ya. Aktifkan fitur Waiting Room dan Host Only pada screen sharing, jangan mengaktifkan fitur Joint Before Host. Jika kamu ingin melakukan perekaman, pastikan bahwa kamu telah menyimpannya pada folder yang aman ya? Lalu bagi kamu yang melakukan webinar, pastikan untuk melakukan uncheck pada fitur Allow Participants to Unmute Themselves.

Bagi Kamu Para Peserta Meeting

Sama halnya dengan host meeting, para peserta meeting juga harus memastikan untuk selalu login menggunakan SSO yang sudah ditentukan. Ingatlah untuk jangan pernah mengklik link yang dirasa mencurigakan atau tidak dikenal karena link meeting yang resmi hanyaakan kamu peroleh dari host meetingmu. Nyalakan kameramu jika diperlukan dan pastikan bahwa sudut pandang kamera tidak mengarah pada area-area yang bersifat pribadi. Jangan lupa juga untuk menyalakan mikrofonmu hanya pada saat kamu akan berbicara.

Penting banget nih buat menjaga keamanan selama WFH dan #dirumahaja, karena kalau tidak, bisa-bisa kamu yang rugi sendiri nanti. Bisa kecologan data-data atau informasi penting lainnya, apalagi kalau sudah disalah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. So, selalu berhati-hati ya guys !

Oleh : Andira Falestiya | Content Creator TRENKOTA.COM

Published by

TRENKOTA

bring trends to the city

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.